Langkah Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

  1. Beranda
  2. Iptek Terkini
  • 17 Februari 2020
  • 164
  • Share

Mencuci tangan merupakan salah satu cara paling mudah untuk menjaga kesehatan. Ada berbagai penyakit yang dapat ditularkan melalui tangan, salah satunya corona virus disease (Covid-19). Untuk mencegah berbagai macam penyakit, mencuci tangan harus dilakukan dengan langkah yang benar agar kuman berbahaya benar-benar hilang. Jika mencuci tangan dilakukan sembarangan, bakteri dan virus bisa menyerang tubuh.

Mencuci tangan yang benar harus dilakukan dengan sabun dan air yang mengalir. Sabun dapat membunuh kuman, sedangkan air mengalir dapat meluruhkan kuman di tangan. Berikut enam langkah mencuci tangan yang benar.

1. Gosok telapak tangan dengan meratakan sabun

2. Gosok punggung tangan dan sela-sela jari, lakukan pada kedua tangan

3. Gosok kedua punggung jari kedua tangan dengan posisi tangan saling mengunci

4. Gosok kedua telapak dan sela-sela jari kedua tangan

5. Gosok ibu jari dengan diputar dalam dengan genggaman tangan kanan, lakukan juga pada tangan satunya

6. Usapkan ujung kuku tangan kanan dengan diputar di telapak tangan kiri, lakukan juga pada tangan satunya kemudian bilas hingga bersih.
.

Yuk, jaga kebersihan dan kesehatan dengan rajin mencuci tangan yang benar agar kita terhindar dari kuman dan bakteri jahat setelah beraktivitas menyentuh berbagai benda ☺ .

Sumber: CNN Indonesia

#LangkahMencuciTangan
#CuciTangan
#JagaKebersihan #Kesehatan #CoronaVirus #Covid19 #Kemenristek #RistekBRIN #PusatPeragaanIptek #PPIPTEK #IndonesiaScienceCenter #Indonesia

Lost your password?
atau