Penyebab Intensitas Hujan DKI Jakarta dan Sekitarnya

  1. Beranda
  2. Iptek Terkini
  • 17 Februari 2020
  • 129
  • Share

Beberapa wilayah Indonesia sedang dilanda cuaca ekstrem, khususnya terjadinya banjir di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya yang terjadi sejak Selasa dini hari hingga hari ini 25 Februari 2020. Beberapa rumah warga, ruas jalan, hingga jalan tol terendam air sehingga tak dapat dilalui. Hujan juga mengguyur wilayah lain di Pulau Jawa hingga Maluku. .

BMKG memantau ada dua siklon tropis yang berada di wilayah Indonesia yang mempengaruhi intensitas hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia. Kedua siklon tropis yang tampak di wilayah Indonesia, yaitu siklon tropis Esther dan Ferdinand. Kedua siklon tersebut berpengaruh terhadap kondisi curah hujan lebat dan gelombang tinggi di beberapa wilayah Indonesia, dan menjadi penyebab hujan berintensitas sedang hingga lebat dengan durasi yang cukup lama.

Apa itu siklon tropis?
Siklon tropis merupakan badai dengan kekuatan yang besar. Radius rata-rata siklon tropis mencapai 150 hingga 200 km. Siklon tropis terbentuk di atas lautan luas yang umumnya mempunyai suhu permukaan air laut hangat, lebih dari 26.5 °C. Angin kencang yang berputar di dekat pusatnya mempunyai kecepatan angin lebih dari 63 km/jam. Tiap siklon tropis memiliki nama masing-masing. Di Samudra Atlantik dan di sekitar Australia, siklon tropis diberi nama seperti nama manusia. .

Dampak Siklon Tropis
Ukuran yang besar serta angin kencang dan gumpalan awan yang dimilikinya, siklon tropis menimbulkan dampak yang besar pada tempat-tempat yang dilaluinya. Dampak ini bisa berupa angin kencang, hujan deras berjam-jam, bahkan berhari-hari yang dapat mengakibatkan terjadinya banjir, gelombang tinggi, dan gelombang badai (storm surge). .

Indonesia bukan merupakan daerah lintasan siklon tropis. Namun, keberadaan siklon tropis di sekitar Indonesia, terutama yang terbentuk di sekitar Pasifik Barat Laut, Samudra Hindia Tenggara, dan sekitar Australia akan mempengaruhi pembentukan pola cuaca di Indonesia. Perubahan pola cuaca dari siklon tropis inilah yang kemudian menjadikan siklon tropis memberikan dampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca di Indonesia.

Sumber:
BMKG & BPBD DKI Jakarta

#IntensitasHujan
#CuacaIndonesia #BanjirDKIJakarta
#BMKG #Kemenristek #PPIPTEK

Lost your password?
atau