PENGUMUMAN PEMENANG PHOTOGRAPHY CONTEST 2020

  1. Beranda
  2. Berita

Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) menyelenggarakan Photography Contest dari tanggal 15 - 26 Juni 2020 yang diikuti 269 peserta siswa/i SMP dari 18 provinsi di wilayah Indonesia.

Photography Contest 2020 merupakan kegiatan kompetisi di bidang fotografi yang dikemas dalam tema sains yang ada di sekitar kehidupan manusia sehari-hari. Kontes ini dilakukan dengan mengambil dan mengabadikan fenomena sains sesuai tema yang diangkat melalui fasilitas kamera pada telepon selular (ponsel).

Banyak fenomena sains yang bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari, termasuk pada makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari. Photograhy Contest 2020 mengangkat tema Science Behind Food and Beverages karena kita masih banyak beraktivitas di rumah saja sehingga peserta tidak perlu keluar rumah untuk mengambil foto dan ikut serta dalam kegiatan ini. Photography Contest diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan minat dan kesadaran generasi muda akan ilmu pengetahuan dan teknologi, mengasah kemampuan fotografi siswa, serta mengembangkan kreativitas siswa dalam bentuk foto dan menceritakan narasi sains dibalik foto tersebut.

Pada tanggal 22 - 25 Juni 2020 proses penilaian oleh dewan juri bersamaan peserta mengunggah hasil foto dan narasi sains ke akun instagram masing-masing. Juri Photography Contest 2020 di antaranya Hadi Nasbey sebagai Dosen Fisika Universitas Negeri Jakarta, Arryandianta sebagai Dosen Fotografi Institut Kesenian Jakarta, dan Ifan Frantika Harijanto sebagai Founder Mantrarupa. Juri menilai berdasarkan kesesuaian foto dengan tema (35%), keunikan ide atau gagasan (30%), narasi yang menjelaskan konsep sains dalam foto (20%), dan teknik fotografi yang menarik (15%).

Tibalah di saat yang sangat dinantikan oleh peserta, tanggal 26 Juni 2020 diumumkan 6 juara terbaik dan 20 juara favorit berdasarkan keputusan dewan juri ialah sebagai berikut:

Juara 1 Ryan Surya Saputra dari SMP Raudlatul Jannah 
Juara 2 Evan Arca Danendra dari SMPI Al Azhar 29 BSB Semarang 
Juara 3 Perwita Alya Zafirah dari SMPN 250 Jakarta
Harapan 1 Hasya Zakwa Sjachriar dari SMPN 3 Rancaekek
Harapan 2 Angel Anlee dari SMP Tarakanita 2
Harapan 3 Ivana Veni Nesya dari SMPN 3 Tangerang Selatan 

 

Inilah juara favorit Photography Contest 2020:

1. Putri Adina Kartika Ayu dari SMP Nasima Semarang
2. Bara Aria Sena dari SMPN 21 Semarang 
3. Aoyama Nur Fadillah dari MTsN 27 Jakarta 
4. I Made Bagus Pradipa Nala Permana R.B dari SMP PGRI 8 Denpasar 
5. David Immanuel Koernawi dari SMP Tarakanita 4 
6. Bilqis Marwah Firdaus dari SMPN 176 Jakarta 
7. Rina Nadia Salsabila dari MTsN 1 Kota Tangerang 
8. Muhammad Iqbal dari MTs Swasta Terpadu H. Abdul Karim Syu'aib Agam 
9. Ivan Samaeri Daeli dari Sekolah Kristen Kanaan Pontianak 
10. Mattew Jovanza Silvano Lewa dari Royal Wells School Bekasi 
11. Michael Kendra PW dari SMPN 111 Jakarta 
12. Choirunnisa Khalaeda Saqinah dari MTs Negeri Salatiga 
13. Mikail Hannan Muhammadiy dari SMP Al Irsyad Purwokerto 
14. Najma Safira Rahadina dari MTs Negeri Surakarta 1 
15. Nurina Meiza Fadhilah dari SMPI Cikal Harapan 2 
16. Zulfaa Zahra dari SMPN 177 Jakarta
17. Zaskia Angeline Valentya dari SMP Islam Tugasku 
18. Taura Istighfari Duinanda dari SMP Mumtaza Islamic School Kota Tangerang Selatan 
19. Meutia Rafa Anandita dari SMP Cakra Buana Depok 
20. Reinhard Iven Winnata dari SMP Don Bosco 3 Jakarta 

Para pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai, e-voucher tiket PP-IPTEK sesuai ketentuan yang berlaku, merchandise menarik dari PP-IPTEK, serta seluruh peserta Photography Contest 2020 mendapat sertifikat digital yang akan dikirimkan ke email peserta.

Kegiatan Photography Contest dan Doodle Art Science Contest, juga akan diselenggarakan di 8 provinsi bekerja sama dengan Science Center Daerah di provinsi tersebut, yakni Jawa Tengah Science Center, Jatim Park 1 Science Center Malang – Jawa Timur, Mamuli Science Center Kupang - NTT, Pusat Bahasa dan Iptek Pontianak - Kalimantan Barat, Lampung Science Center, Science Center Sumatera Barat, Science Center Makassar – Sulawesi Selatan, dan Riau Science Center. Untuk waktu pelaksanaan akan dilakukan di tahun 2020.

Setelah Photography Contest 2020, masih ada 2 kegiatan lagi yang akan diadakan oleh PP-IPTEK, yaitu Phytagoras Switch untuk siswa SMA direncanakan pada bulan Juli dan Narator Cilik untuk siswa PAUD/TK direncanakan bulan Agustus.

PP-IPTEK sebagai science center pertama di Indonesia dan salah satu wahana pembelajaran Iptek bagi masyarakat, khususnya generasi muda memiliki peran strategis dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia sesuai dengan visi dan misi negara. Selain kegiatan Photography Contest masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang disajikan oleh PP-IPTEK kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pengetahuan Iptek masyarakat, khususnya generasi muda selama beraktivitas di rumah.

Lost your password?
atau