PP-IPTEK Mengadakan Sosialisasi Kesiapsiagaan dan Pencegahan Penularan Coronavirus Disease (Covid-19) di Area Publik

  1. Beranda
  2. Berita
  • 17 Februari 2020
  • 331
  • Share

PP-IPTEK, Kemenristek/BRIN mengadakan Sosialisasi Kesiapsiagaan dan Pencegahan Penularan Coronavirus Disease (Covid-19) pada Jumat (6/3/2020) yang diselenggarakan di Ruang Auditorium PP-IPTEK.

Pembicara dalam kegiatan ini, Dr. Frans Abednego Barus, Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi RS Omni Hospital, RS UKI, RS Hermina memberikan penjelasan agar masyarakat tidak takut atau panik dengan adanya Covid-19 di Indonesia.

"Kalau Anda sakit pakai masker, kalau Anda tidak sakit santai saja tidak pakai masker. Bila di kerumunan bisa jadi penenang hati. Apa pun itu tidak mungkin 100% proteksi dari masker itu sendiri, paling 50-60% proteksi. Tapi daripada tidak itu menenangkan hati Anda silahkan," jelas Dr. Frans.

Yang diharuskan memakai masker adalah orang yang sakit, apabila tidak sakit tidak diharuskan memakai masker.

Dr. Frans juga mempertunjukkan cara mencuci tangan yang baik dan benar. Mencuci tangan dapat menggunakan sabun atau hand sanitizer. Namun, mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun lebih efektif dibandingkan memakai hand sanitizer. Apabila tidak ada sabun dan air, hand sanitizer bisa digunakan sebagai alternatif. Dalam kegiatan juga ada diskusi tanya jawab seputar kesehatan yang berhubungan dengan Covid-19

Selain sosialisasi, PP-IPTEK juga meletakkan hand sanitizer di 11 titik dalam area galeri PP-IPTEK sehingga setelah pengunjung menyentuh alat peraga dapat membersihkan tangan dengan hand sanitizer atau sabun. Pengunjung dapat mencuci tangan dengan benar sesuai langkah yang ada di dinding.

"Selain itu kita juga lakukan bentuk lainnya seperti memberikan informasi pada pengunjung yang datang dan penyediaan alat cuci tangan atau hand sanitizer. Hari ini kita gongkan berbarengan dengan sosialisasi ini," kata Direktur PP IPTEK M. Syachrial Annas.

Sebelum memasuki galeri PP-IPTEK, rombongan sekolah juga diberikan informasi terkait Kesiapsiagaan dan Pencegahan Penularan Covid-19.

Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk kesiapsiagaan PP-IPTEK terhadap berkembangnya wabah Covid-19 di Indonesia, terutama di area publik. PP-IPTEK juga turut mengundang pengelola TMII, Museum, serta Anjungan yang berada di lingkungan TMII turut hadir dalam kegiatan Kesiapsiagaan dan Pencegahan Penularan Coronavirus Disease (Covid-19).

Lost your password?
atau