PP-IPTEK SIAP SELENGGARAKAN KEGIATAN BERIKUTNYA PHOTOGRAPHY CONTEST 2020

  1. Beranda
  2. Berita

Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) akan selenggarakanPhotography Contest 2020” untuk siswa SMP yang akan diadakan dari tanggal 15 – 26 Juni 2020.

Photography Contest merupakan kegiatan kompetisi di bidang fotografi yang dikemas dalam tema sains yang ada di sekitar kehidupan manusia sehari-hari. Kontes ini dilakukan dengan mengambil dan mengabadikan fenomena sains sesuai tema yang diangkat melalui fasilitas kamera pada telepon selular (ponsel).

Photograhy Contest 2020 mengangkat tema “Science Behind Food and Beverages” karena kita masih banyak beraktivitas di rumah saja sehingga peserta tidak perlu keluar rumah untuk mengambil foto dan ikut serta dalam kegiatan ini.

Banyak fenomena sains yang bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari, termasuk pada makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari. PP-IPTEK mengadakan Photography Contest untuk meningkatkan minat siswa dalam fotografi yang digabungkan dengan sains di sekitarnya.

Caranya mudah, abadikan fenomena sains tentang makanan/minuman di sekitar kalian melalui foto dan ceritakan sains dibalik foto yang diambil. Peserta dapat memilih salah satu objek foto makanan atau minuman yang ada di rumah, bisa dalam bentuk bahan, proses pembuatannya, makanan/minuman yang sudah jadi, atau ada faktor luar yang melekat pada makanan/minuman. Contoh Photography yang menceritakan tentang sains, yaitu es krim terjadi melalui proses pembekuan dan minuman dingin memiliki perubahan zat dari gas menjadi cair. Peserta dilarang menggunakan kedua contoh tersebut.

Waktu pendaftaran Photography Contest hanya 5 hari, yakni dari tanggal 15 – 19 Juni 2020, pendaftaran ditutup pukul 12.00 WIB. Peserta mendaftar melalui google formulir https://bit.ly/photoconppiptek dengan langsung menggunggah foto dan narasinya. Di sini peserta belum boleh unggah foto ke akun Instagram.

Tanggal 22 – 25 Juni 2020 peserta dibolehkan mengunggah di akun Instagram masing-masing. Foto dan caption harus sama dengan saat mendaftar, menyebut atau mention akun @ppiptek dan 5 akun teman, serta wajib memakai 4 (empat) tagar #PhotographyContestPPIPTEK #ppiptek #ScienceBehindF&B #KemenristekBRIN. Pada waktu ini juga bersamaan dengan penilaian oleh dewan juri sehingga tanggal 26 Juni 2020 akan diumumkan pemenang Photography Contest 2020 di akun Instagram PP-IPTEK.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai dan e-voucher tiket PP-IPTEK, serta seluruh peserta Photography Contest 2020 mendapat sertifikat digital yang dikirimkan ke email peserta.

Setelah kegiatan Photography Contest dan Doodle Art Science Contest, masih ada 2 kegiatan lagi yang akan diadakan oleh PP-IPTEK, yaitu Phytagoras Switch untuk siswa SMA direncanakan bulan Juli dan Narator Cilik untuk siswa PAUD/TK direncanakan pada bulan Agustus. Lomba-lomba ini juga akan diselenggarakan di 8 provinsi bekerja sama dengan Science Center Daerah di provinsi tersebut, yakni Jawa Tengah Science Center, Jatim Park 1 Science Center Malang, Mamuli Science Center Kupang-NTT, Pusat Bahasa dan Iptek Pontianak-Kalbar, Lampung Science Center, Science Center Sumatera Barat, Science Center Makassar-Sulsel, dan Riau Science Center. Untuk waktu pelaksanaan akan dilakukan di tahun 2020, tergantung kesiapan daerah masing-masing.

Yuk, ekplorasi banyak hal tentang makanan/minuman selama di rumah, jangan sampai ketinggalan ikutan Photography Contest ini. 

Lost your password?
atau