PUSAT PERAGAAN IPTEK - KEMENTERIAN RISET DAN TEKNOLOGI

  1. Beranda
  2. Highlight
  • 05 Desember 2019
  • 304
  • Share

Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknonologi yang sering disebut PP-IPTEK adalah Science Center pertama di Indonesia yang didirikan pada tanggal 20 April 1991 di atas lahan seluas 40.000 m2 dan bangunan seluas 23.400 m2 yang berlokasi dalam Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. PP-IPTEK didirikan oleh Presiden RI ke-2 Bapak Soeharto.

PP-IPTEK sebagai instansi yang berkoordinasi di bawah Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) / Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) merupakan sumber belajar Iptek non formal yang dibangun untuk melengkapi sarana pendidikan Iptek formal. PP-IPTEK memiliki tujuan untuk memasyarakatkan sains dan teknologi kepada seluruh lapisan masyarakat di seluruh Indonesia.

Saat ini PP-IPTEK memiliki lebih dari 400 alat peraga yang menjelaskan berbagai fenomena Iptek. Setiap pengunjung PP-IPTEK harus menyentuh, memegang, dan memainkan alat peraga karena tanpa berinteraksi dengan alat peraga, pengunjung tidak dapat mengambil manfaat dari PP-IPTEK. Selain itu, PP-IPTEK juga memiliki beraneka ragam program sains yang dapat menunjang pemahaman tentang Iptek menjadi lebih mudah dan menyenangkan. PP-IPTEK berusaha untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya sains dan teknologi, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang mendidik, menyenangkan, dan menghibur. 

Lost your password?
atau